Cara Install LAMP Di Linux Cara Install LAMP Di LinuxFather Link

Thursday, July 5, 2018

Cara Install LAMP Di Linux

Baca Juga


    LAMP adalah kependekan dari Linux, Apache, Mysql, php. Dulunya :v seiring berkembangnya dunia digital ini Mysql telah digantikan oleh pengolahan data yang lebih baik yaitu MariaDB, perintah dan syntax Mysql sepenuhnya compartibel dengan MariaDB karena MariaDB merupakan project lanjutan yang dibuat developer Mysql dan istilah LAMP kini menjadi kependekan dari Linux, Apache, MariaDB, dan PHP. begitupun dengan LAMPP, ada perbedaannya sedikit yaitu adanya dua 'P' isitilahnya pun tidak berubah hanya menambahkan satu bahasa pemrograman yaitu pearl dan menjadi Linux, Apache, MariaDB, Pearl, PHP. Sebenarnya itu tergantung kalian sendiri kalian mau belajar web server dengan PHP atau Pearl namun kebanyakan yang belajar web server yaitu menggunakan PHP, maka dari itu saya hanya membuat tutorial cara menginstall LAMP di Linux, Lamp ini adalah sebuah alternatif linux dan jika di windows beda lagi namanya yaitu XAMP.

    Semoga kalian bisa memahaminya karena memang Linux dan Windows itu berbeda namun selalu ada alternatif software windows di Linux dan karena alternatif jadi kegunaannya yaitu sama saja tidak berbeda yang membedakan hanyalah cara menggunakannya, balik lagi ke LAMP, Lamp adalah sebuah komponen-komponen yang membangun sebuah web server namun hanya bersifat pribadi/local karena itulah biasanya para newbi termasuk saya menggunakan Lamp ini hanya untuk belajar membangun web server sendiri dan jika ingin menjadi bersifat terbuka kita membutuhkan sebuah VPS, apa hosting tidak dibutuhkan ? Jelas tidak karena VPS bisa dijadikan hosting dan biasanya VPS lebih bagus dari hosting karena mampu menampung visitor yang tidak bisa ditampung hosting, apakah port porwading juga tidak perlu ? Saya agak dibingungkan dengan pertanyaan ini namun saya rasa port porwading juga tidak perlu karena VPS adalah sebuah komputer server dan tentunya sebuah komputer sudah mempunyai IP address dan portnya masing-masing maka dari itu kita tidak membutuhkan port porwading, itu hanya kemungkinan saya saja jangan dianggap benar karena saya sendiri belum pernah membuat web sendiri, biasanya untuk membuat web saya menggunakan alternatif di internet yaitu wordpress tidak termasuk blog ini ya guys hehe.

Langkah pertama menginstal LAMP
Install web server apache2 simak baik-baik dibawah :

sudo apt-get install -y apache2

Setelah menginstall apache2 silahkan kalian cek menggunkan mozila atau browser lainya caranya ketikan di kolom url "localhost" jika apache sudah aktif akan muncul gambar seperti berikut.

Cara Install LAMP Di Linux


Langkah kedua Install MariaDB

sudo apt-get install -y mariadb-server mariadb-client

Jalankan MariaDB

sudo service mysql start

Cek status MariaDB

sudo service mysql status

Pengamanan Mysql

sudo mysql_secure_installation

Atur ulang privileges untuk root

sudo mysql -uroot
use mysql;
update user set plugin=" where User='root';
flush privileges;
\q

Setelah menginstall MariaDB dan mengaturnya dengan command diatas (command Atur ulang privileges untuk root gunakan satu-satu) maka kita lanjut ke tahap terakhir yaitu menginstall PHP.

Install PHP

sudo apt-get install -y php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql

Cek versi PHP

php -v

Setelah semua peroses penginstalan LAMP kalian restart Apachenya

sudo service apache2 restart

begitulah tutorial kali ini cara instal lamp di linux semoga bisa membantu kalian dalam belajar jika masih ada yang belum di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

0 comments

Silahkan berkomentar dengan singkat dan benar
EmoticonEmoticon