Apa itu Firewall Apa itu FirewallFather Link

Monday, June 4, 2018

Apa itu Firewall

Baca Juga


    Kata firewall ini mengandung dua kata kunci fire yang berarti api dan wall yang berarti dinding, jika dalam bahasa indonesia firewall itu berarti dinding api. Fungsi dari dinding api ini sudah jelas buka dinding yang berarti bertahan dan api menyerang namun dalam hal kali ini arti api bukanlah menyerang namun api ini melapisi pertahanan dinding tersebut, firewall pun berfungsi sama dengan artinya tersebut yaitu melindungi komputer atau jaringan dari akses komputer lain yang tidak memiliki hak akses.
Jadi firewall ini melindungi jaringan dan sekaligus komputer yang ada di dalam jaringan tersebut, hak akses yang dimaksud saya adalah akses remote dari komputer lain. Cukup memusingkan memang penjelasannya namun saya rasa ini bagus untuk meningkatkan logika fikiran kalian dalam hal digital ini yang memang membutuhkan logika yang unik dan baik. Untuk itu perlu menginstall firewall pihak ke 3 agar komputer lain tidak dapat sembarangan meremote komputer kalian, software yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah dinding api ini biasanya menggunakan software seperti antivirus karena biasanya antivirus memiliki fasilitas firewall.
Cara lainya adalah dengan menggunakan sebuah perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai firewall, kedua cara diatas tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kelebihan memakai sebuah hardware yaitu memiliki kemampuan yang lebih dalam membatasi sebuah akses ke dalam jaringan, berbeda dengan software yang mungkin mempunyai sebuah celah atau bug, namun untuk hardware ini tentunya harganya tidaklah murah karena memang sebanding dengan apa yang di lakukannya berbeda dengan sebuah software yang bisa kalian download secara gratis.


apa itu firewall
    Adanya sebuah firewall di dalam komputer kalian tentunya sangat berperan penting, terlebih lagi di dalam komputer kalian tersimpan data-data perusahaan atau pribadi yang sangat rahasia, pasti kalian tidak mau bukan data-data tersebut bocor kepada orang lain ? Tenang saja juragan firewall akan membantu kalian mewujudkan hal tersebut karena fungsi dari firewall ini mampu memblock koneksi dari jaringan atau alamat ip, selain itu mekanisme filter juga memudahkan kalian dalam menyeting firewall kalian sehingga memudahkan kalian dalam mengaksesnya. selain itu kalian juga bisa memilih atau mengatur akses dari luar yang berarti kalian mengijinkan sahabat atau teman terdekat kalian mengakses komputer kalian pada intinya kalian akan mengetahui data yang keluar masuk menuju komputer kalian.

Contoh firewall dalam jaringan :

  • Paket filtering ===> memeriksa header dari paket TCP/IP (tergantung dari arsitektur jaringan tersebut)
  • Network Address Translation (NAT) ===> dalam sebuah jaringan biasanya memiliki sebuah IP publik dan IP lokal, firewall berfungsi untuk meneruskan paket data dari luar jaringan ke dalam jaringan dengan benar, sesuai IP lokal sebuah komputer.
  • Application Proxy ===> mendeteksi aplikasi tertentu yang lebih spesifik.
  • Traffik Management ===> mencatat dan memantau traffik jaringan.
Dan mungkin masih banyak lagi yang belum saya ketahui karena dunia digital itu terus maju setiap harinya.

Cara kerja firewall
    Ketika ada sebuah paket data masuk ke dalam jaringan komputer maka firewall akan mengecek header dari paket data tersebut. kemudian firewall bisa menentukan bisa atau tidaknya data paket tersebut diteruskan.
Sebaliknya jika ada sebuah paket data keluar firewall bisa mengecek berdasarkan IP dan content, disini biasanya jaringan bisa memblok akses sebuah divisi ke sumber daya jaringan.

0 comments

Silahkan berkomentar dengan singkat dan benar
EmoticonEmoticon