Apa itu alamat IP Apa itu alamat IPFather Link

Sunday, June 3, 2018

Apa itu alamat IP

Baca Juga


   Selamat datang kembali di blog father link kawan-kawan semoga kalian menyukai postingan saya kali ini saya akan sedikit membahas tentang alamat ip. Yang bejudul apa itu ip address semoga dengan postingan saya ini ilmu kalian tentang dunia digital semakin bertambah walaupun sebenarnya tidak banyak namun saya rasa ilmu tentang ip ini akan bermanfaat bagi kalian, oke tanpa banyak basa-basi lagi saya akan langsung membahasnya karena mungkin akan cukup menguras otak dan tenaga jari-jari saya hehehe langsung saja juragan simak tutorialnya baik-baik di bawah …

Apa itu IP Address

   Ip address adalah sebuah identitas yang ada dalam sebuah perangkat komputer atau sebuah alamat yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain.
Alamat atau identitas Ip address yaitu berupa nomer yang terdiri dari susunan blok, nomer yang dihasilkan Ip ini biasanya terdiri dari 4 blok bilangan desimal yang nilainya terbatas yang dimulai dari angka 0 sampai dengan angka 255. contohnya adalah 127.0.0.1 ini adalah sebuah alamat ip default, kalian pasti akan mengerti kenapa bilangan desimal yang digunakan hanya sampai angka 255 setelah selesai membaca postingan saya kali ini.


apa itu alamat ip

Bagaimana ip address diberikan pada sebuah perangkat ?

   Sebenarnya alamat ip tidak diberikan ke pada tiap perangkat komputer mengapa begitu ? karena alamat ip ini sebenarnya diberikan kepada sebuah interface jaringan,
contohnya sebuah komputer/CPU bisa saja memiliki 2 buah interface jaringan sehingga memiliki 2 alamat ip yang berbeda bahkan sebenarnya semua perangkan jaman sekarang mulai dari komputer dan smartphone memiliki 2 buah jaringan interface diantaranya adalah ip lokal dan ip publik, ip lokal adalah ip yang telah di berikan secara permanent dalam sebuah perangkat agar bisa mengirim data terhadap ip publik dan ip publik adalah ip yang digunakan untuk penerimaan data dari ip lokal misalnya ip publik biasanya tercipta karena adanya sebuah internet atau lebih tepatnya wifi dan provider merekalah yang memberikan sebuah ip publik, namun dalam suatu jaringan ip address haruslah unik dan tidak boleh sama persis dengan alamat ip pada interface, karena jika ada kesamaan alamat ip maka akan terjadi kesalahan penerimaan data.

Bentuk asli alamat ip

   Sebuah perangkat sebenarnya tidak mengerti sebuah alfabeth karena mereka hanya mengerti sebuah angka atau sebuah struktur code tertentu, karena itu semua data yang dikirim dan diterima adalah sebuah bilangan lebih tepatnya code biner yang hanya terdiri dari angka 0 dan angka 1 saja.
Contohnya ketika kalian mengirim huruf 'Z' maka melalui media kabel utp diciptakan sebuah kondisi on dan of yang sangat cepat "ketika kabelnya dialiri listrik maka dianggap 1 dan ketika kabelnya tidak dialiri listrik maka dianggap 0" sehingga membentuk angka code biner yang wujudnya 10100100, setelah data biner tersebut sampai ke dalam perangkat tujuan maka code tersebut secara otomatis diterjemahkan kembali kedalam bentuk huruf.
Sebenarnya bentuk dari alamat ip yang berupa bilangan desimal adalah sebuah code biner yang diterjemahkan agar mudah di ingat oleh sebuah perangkat, pada setiap titik pemisah alamat ip terdiri dari 8 code biner sehingga totalna menjadi 32bit biner.


contoh alamat ip => 192.168.1.1


bentuk aslinya => 11000000.10101000.00000001.00000001


Versi ip address

   versi alamat ip yang sedang saya bahas ini adalah versi 4 atau ipv4, nyatanya ipv4 lah yang sering digunakan meskipun sekarang sudah ada yang lebih baru yaitu ipv6.
Perbedaan keduanya adalah pada jumlah bit yang akan digunakan masing-masing versi tersebut, pada ipv4 terdapat 32bit code biner sedangkan pada ipv6 terdapat 128bit, itu berarti ipv6 lebih unik dari ipv4 dalam jumlah yang lebih banyak namun meskipun memiliki ke unggulan ipv6 mempunyai kelemahan yaitu sedikit memiliki kesulitan dalam hal menerjemahkan oleh perangkat,
mengapa langsung ipv6 setelah ipv4 kemanakan ipv5 nya gan ? oke sebenarnya begini pemirsa saya tidak tau :v namun saya rasa ipv5 ini gagal saat tahap uji cobanya dan langsung lah mereka para profesor gadget (saya asal saja gan menyebut begitu karena saya tidak tau siapa nama mereka) dan satu hal lagi jangan percaya sepenuhnya tentang opini ipv5 buatan saya karena saya hanya memprediksi kemungkinannya saja sekian saja dari saya semoga bermanfaat untuk kalian Terima kasih ...

0 comments

Silahkan berkomentar dengan singkat dan benar
EmoticonEmoticon